Banyak metode yang bisa dilakukan ketika belajar mandiri di rumah. Salah satunya adalah latihan soal-soal yang ada dalam buku atau bank soal. Selain itu, kunci jawaban IPA kelas 9 halaman 159 juga bisa digunakan sebagai panduan dalam belajar.
Sebelum menggunakan kunci jawaban, diharapkan siswa bisa mencoba untuk mengerjakannya sendiri dahulu. Lalu, gunakan kunci jawaban untuk mengoreksi hasil jawaban. Jika masih banyak yang salah, bisa mempelajari materi-materinya lagi.

Kunci Jawaban IPA Kelas 9 Halaman 159

Dikutip dari buku Buku Siswa IPA Kelas 9 SMP MTs Semester 1 Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018, Kemendikbud (2018: 159), halaman 159 ini membahas mengenai pewarisan sifat yang akan mempengaruhi keturunan yang dihasilkan, serta mempelajari pemanfaatannya.
Berikut adalah kunci jawaban IPA kelas 9 halaman 159 Uji Kompetensi sebagai bahan belajar siswa. Kunci jawaban ini juga bisa digunakan orang tua untuk membimbing anaknya belajar mandiri di rumah.
B. Jawablah dengan benar pertanyaan berikut!
1. Buah 1 memiliki genotipe BB dengan bentuk buah bulat, sementara buah 2 memiliki genotipe bb dengan bentuk buah lonjong.
2. Seorang perempuan dengan genotipe XhX pembawa sifat hemofili, menikah dengan seorang laki-laki hemofili dengan genotipe XhY. Tentukan jumlah anak yang hidup dan anak yang mati!
3. Kacang biji bulat warna kuning dengan genotipe BBKK disilangkan dengan kacang biji lonjong warna hijau dengan genotipe bbkk, jika bulat-kuning dominan terhadap lonjong-hijau tentukan:
4. Pemuliaan tanaman bertujuan untuk menyiapkan bibit tanaman unggul. Apa saja tujuan dari penyiapan bibit tanaman unggul?
5. Ginjal merupakan salah satu organ tubuh manusia. Ketika masih muda ada seseorang yang diambil ginjalnya karena suatu penyakit. Kemudian orang tersebut mempunyai anak.

a. Berapakah jumlah ginjal yang dimiliki anaknya saat dilahirkan?

Jawaban: Anak tersebut tetap memiliki dua ginjal

b. Jelaskan jawabanmu!

Jawaban: Meskipun organ ginjal seseorang diambil dari tubuhnya, susunan genetik dalam tubuhnya tetap, termasuk gen-gen pengode pembentukan ginjal pada sel-sel sperma maupun sel ovum.

Saat kedua orang tersebut menikah, maka gen-gen pengode ginjal dari kedua orang tuanya juga akan dimiliki oleh embrio. Selama embrio berkembang, gen-gen tersebut diekspresikan atau diwujudkan sehingga terbentuklah ginjal dalam jumlah yang normal yaitu 2.

Demikian uraian kunci jawaban IPA kelas 9 halaman 159 yang bisa digunakan sebagai panduan. Perbanyaklah latihan soal agar lebih mudah memahami materi yang ada.